Kamis, 10 Maret 2011

kuliahan trisakti

Sebagai salah satu Fakultas unggulan di Universitas Trisakti, pada saat ini Fakultas Teknologi Industri (FTI) memiliki 9 Program Studi , meliputi Program Studi Diploma, Program Studi Sarjana (S1) dan Program Studi Magister (S2). Keseluruhan Program Studi tersebut dikelola secara profesional oleh 4 jurusan yang ada dibawah FTI, yaitu :
  • Jurusan Teknik Mesin yang mengasuh Program Studi Sarjana dan Megister Teknik Mesin
  • Jurusan Teknik Elektro yang mengasuh Program Studi Sarjana dan Magister Teknik Elektro
  • Jurusan Teknik Industri yang mengasuh Program Studi Sarjana dan Magister Teknik Industri
  • Jurusan Teknik Informatika yang mengasuh Program Studi Sarjana Teknik Informatika, Program Studi Sarjana Sistem Informasi, serta Program Studi Diploma Teknologi Informasi.
Lokasi perkuliahan bagi mahasiswa FTI dilaksanakan di Kampus A dan Kampus G yang terletak berdekatan dikawasan Grogol. Di Kampus A kegiatan akademik dan administratif dilakukan di Gedung E dan Gedung F (Gedung Herry Hartanto), sedangkan di Kampus G, FTI menempati lantai 2 dari gedung yang ada dimana pada lokasi tersebut tersedia sarana perkuliahan dan ruang komputer. Sebagai Fakultas yang mengajarkan rumpun ilmu yang bersifat keteknikan, pelaksanaan pendidikan di FTI dilengkapi dengan sejumlah laboratorium yang bersifat spesifik, yang pengelolannya dilakukan oleh Program Studi, dan juga laboratorium yang bersifat umum, seperti Laboratorium Fisika, yang dikelola oleh Fakultas.
Semua pelaksanaan program pendidikan yang ada di FTI, dilakukan dengan mengacu kepada visi, misi dan tujuan FTI yang ditetapkan secara bersama, selain juga ketentuan nasional yang ada dan perkembangan dunia pada saat ini. Dengan mengcu kepada hal-hal tersebut pada saat oini seluruh Program Studi yang ada di FTI telah menjalakan suatu kurikulum yang selalu mengacu kepada perkembangan terbaru. Beban belajar yang diwajibkan kepada mahasiswa untuk menempuh Program Studi yang ada, adalah 118 SKS untuk Program Studi Diploma III yang diracang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 3 tahun, 114 SKS untuk Program Studi Sarjana yang dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun dan 50 SKS untuk Program Studi Sarjana dan Magiter yang dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 2 tahun.
Upaya peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan cara memperbaiki kinerja didalam lingkup FTI maupun dengan mengaplikasikan berbagai hal-hal baru yang di ambil dari luar. Peningkatan Kinerja Internal diupayakan FTI dengan melaksanakan suatu Sistem Manajemen Mutu Pendidikan yang mengacu kepada ketentuan yang ada pada ISO 9001 : 2000 Penyerapan hal-hal yang bermanfaat dari luar dilakukan dengan cara kerjasama dengan berbagai instansi luar, baik dunia pendidikan maupun industri seperti : Edith Cowan University Australia, Henze Groningen University Belanda, Czech Technical University Ceko, Ritsumeiken Asia Pacifik University Jepang, Autodesk Inc Singapore, PT. Fuji Film Consultan, PT. PLN, Departemen Perindustrisan, dan lain-lain.

SEKILAS JURUSAN YANG ADA DI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

I. JURUSAN TEKNIK MESIN
Jurusan Teknik Mesin FTI Usakti didirikan pada tanggal 29 November 1965 bersamaan dengan lahirnya Universitas Trisakti (USAKTI) sebagai pengganti Universitas Res Publica Berdasrkan Keputusan Menteri No. 14/DAR/Tahun 1965, dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 558/DIKTI//KEP/1993. Pada saat ini Jurusan Teknik Mesin bernaung dibawah FTI dan menyelenggarakan Program Studi S1 dan S2 Teknik Mesin. Berdasarkan Penilaian yang dilakukan oleh BAN PT dengan Surat Keputusan No. 001/BAN-PT/Ak-I/VIII/1998 Tanggal 11 Agustus 1998 Program Studi Terakreditasi dengan predikat A+ (Pembina), dan selanjutnya pada tanggal 20 Agustus 2003 Program Studi S1 Teknik Mesin mendapat Akreditasi A (Baik Sekali) dengan Surat Keputusan No. 020/BAN-PT/Ak-VII//S1/VIII/2003.
LABORATORIUM YANG TERSEDIA DI JURUSAN TEKNIK MESIN
  • Laboratorium Proses Produksi
  • Laboratorium Metalurgi Fisik
  • Laboratorium Fenomena Dasar Mesin
  • Laboratorium Prestasi Mesin
  • Laboratorium Metrologi Industri
  • Studio Design CAD
  • Studio Menggambar Mesin
  • Laboratorium kontrol dan Otomasi Industri.

II. JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan tertua di Universitas Trisakti, pada saat ini Jurusan Teknik Elektro bernaung dibawah Fakultas Teknologi Industri dan menyelenggarakan Program Studi S1 dan S2 Teknik Elektro. Berdasarkan Penilaian yang dilakukan BAN PT No. 009/BAN-PT/Ak-IV/VI/2000 Tanggal 16 Juni 2000 Program Studi Teknik Elektro Strata - 1 (S1) dinilai sebagai Program Studi Terakreditasi dengan peringkat A (Baik Sekali),dan selanjutnya pada tanggal 7 Juli 2005 Program Studi S1 Teknik Elektro mendapat Akreditasi A (Baik Sekali) dengan Surat Keputusan BAN PT No. 010/BAN-PT/Ak-IX//S1/VII/2003. Sedangkan pelaksaaan belajar mengajar di Program Studi S2 Teknik Elektro dilaksanakan atas dasar Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. : 507/DIKTI/Kep/1993.
LABORATORIUM YANG TERSEDIA DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
  • Laboratorium Teknik Tegangan Tinggi dan Penyaluran Energi
  • Laboratorium Mesin-Mesin Listrik
  • Laboratorium Konversi Energi
  • Laboratorium Pengukuran Listrik
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Sistem Pengaturan
  • Laboratorium Elektronika
  • Laboratorium Telekomunikasi

III. JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
Jurusan Teknik Industri merupakan salah satu jurusan yang bernaung dibawah Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti, Jurusan Teknik Industri berdiri atas dasr Surat Keputusan Kopertis Wilayah III No. 007/KOP/III/S/0984, pada bulan April 1984. Saat ini Jurusan Teknik Industri menyelengarakan Program Studi S1 dan S2 Teknik Industri, berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Program Studi S1 Teknik Industri memperoleh Sertifikasi dengan Akreditasi A (Sangat Baik). Hal ini tertuang dalam SK BAN PT No. 012/BAN-PT/AK-VII/S1/VIII/2003,tanggal 9 Juli 2003, sedangkan pelaksanaan belajar mengajar di Program S2 Teknik Industri dilaksanakan atas dasar Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. : 2609/D/T/2001.
LABORATORIUM YANG TERSEDIA DI JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
  • Laboratorium Sistem Produksi
  • Laboratorium Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi
  • Laboratorium Komputasi Industri
  • Laboratorium Statistika Industri
  • Studio Manajemen Industri

IV. JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
Jurusan Teknik Informatika merupakan Jurusan termuda yang brenaung dibawah Fakultas Teknologi Industri. Pelaksanaan belajar mengajar di Jurusan Teknik Informatika dilaksanakan atas dasar Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. : 379/DIKTI/Kep/1996. Saat ini Jurusan Teknik Informatika menyelenggarakan Program Studi S1 Teknik Informatika, dan Program Diploma Teknik Informasi. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Program Studi Teknik Informatika memperoleh Sertifikasi dengan Akreditasi B. Hal ini tertuang dalam SK BAN PT No. 004/BAN-PT/Ak-IV/IV/2000, tanggal 22 April 2000 dan di akreditasi ulang pada tangga 30 September 2005 dengan SK BAN PT No. 016/BAN-PT/Ak-IX/S1/IX/2005 dengan akreditasi A. Sedangkan pelaksanaan belajar mengajar Program Sistem Informasi dilaksanakan atas dasar Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. : 1603/D/T/2002 dan untuk Diploma Teknologi Informasi berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. : 3138/D/T/2004.
LABORATORIUM YANG TERSEDIA DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
  • Laboratorium Informatika Dasar
  • Laboratorium Kecerdasan Buatan
  • Laboratorium Sistem Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak
  • Laboratorium Grafik dan Pemrosesan Citra
  • Laboratorium Sistem dan Jaringan Komputer.

PROGRAM MAGISTER TEKNIK MESIN
Pada Industri energi, industri manufaktur, dan industri proses lainnya diperlukan kesatuan rangkaian komponen-komponen pendukung yang kinerjanya saling terkait satu dengan yang lain dan membentuk sistem, yang di dalamnya energi sebagai panas dan kerja dihantarkan dan dikonvensikan. Kinerja optimum dari sistem dapat dicapai apabila sistem tersebut dirancang, dioperasikan dan dirawat dengan benar. Untuk melaksanakannya diperlukan tenaga-tenaga yang mempunyai pengetahuan tinggi dan khusus, yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan teknik konvensi energi terkini. Dengan pemahaman kombinasi berbagai pokok bahasan dalam bidang teknik konversi energi, akan lebih mudah mendapatkan rancangan yang seoptimum mungkin, disamping kemampuan untuk melakukan analisis peningkatan atau perbaikan kinerja sistem yang sudah ada. Dalam masa krisis energi dan resesi ekonomi yang berkepanjangan, maka penghematan dan efisiensi penggunaan energi tidak bisa ditawar lagi, sehingga penguasaan teknologi konversi, keahlian di bidang rekayasa dan desain peralatan konversi energi serta kemampuan mengoptimasikan sistem konversi menjadi suatu keharusan bagi para profesional di bidangnya. TUJUAN
Dalam rangka turut mengembangkan SDM yang mampu menjawab tantangan tersebut di atas dan berbagai permasalahan yang ada maka Program Pendidikan Teknologi Konversi Energi mempunyai kedudukan yang sangat penting dan strategis. Dengan demikian tujuan yang ingin dicapai adalah menghasilkan lulusan yang antara lain :
  • Mempunyai kemampuan untuk meningkatkan pelayanan profesi melalui kegiatan litbang teknologi pada umumnya dan teknik konversi pada khususnya.
  • Mempunyai kemampuan untuk berprestasi dalam pengembangan bidang konversi energi termasuk pengembangan konsep-konsep baru.
  • Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan keunggulan profesinya dalam spektrum yang lebih luas dengan mengaitkan bidang ilmu atau profesi sejenis,
  • Mempunyai kemampuan praktis untuk memecahkan permasalahan di bidang konversi energi dengan cara penalaran ilmiah, dan
  • Mempunyai budaya ilmiah yang meliputi tata nilai, sikap dan kebiasaan seperti, komitmen pada karya ilmiah, integritas, sifat ingin tahu dan cari tahu, keuletan dan ketekunan.
Disamping itu para lulusan yang dihasilkan diharapkan mampu berkiprah dalam berbagai kegiatan pada Instansi Pemerintah, Lembaga Penelitian, Lembaga Pendidikan, Industri dan sektor lainnya, dan sekaligus mempunyai daya saing dalam menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas. PESERTA DIDIK
Program Magister Teknik Mesin terbuka bagi sarjana lulusan S 1 bidang teknik dan sains yang masih relevan, dan tertarik untuk memperdalam ilmu pengetahuan di bidang konversi energi. Mereka adalah :
  • Para peneliti dan tenaga pengajar di perguruan tinggi yang ingin lebih menguasai konsep serta dasar-dasar penelitian bidang konversi energi.
  • Para Eksekutif dan profesional yang ingin lebih mendalami philosofi teknik konversi energi guna membantu dalam pengambilan keputusan.
  • Para praktisi yang ingin mendalami bidang ilmu konversi energi secara lebih terarah dan mendalam.
SELEKSI PESERTA
Kriteria penerimaan calon peserta didik adalah :
  • Telah menyelesaikan pendidikan S 1 Teknik atau Sains yang memenuhi ketentuan Depdiknas
  • Menyerahkan minimal 2 surat rekomendasi dari dosen
  • Mengikuti tes masuk
  • Hasil tes masuk yang digunakan sebagai dasar untuk menentukan tingkat kesiapan:
  • Full standing (diterima langsung)
  • Provisional standing (diterima dengan wajib mengikuti Program Matrikulasi)
  • Materi tes masuk adalah : Test Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Matematika Dasar dan Ilmu Dasar menurut Bidang Studi.
PROGRAM MATRIKULASI
Program matrikulasi dimaksudkan untuk menyamakan pemahaman dasar dari para peserta sebelum masuk ke materi program magister. Program matrikulasi dilaksanakan 3 bulan sebelum perkuliahan dimulai, dan lamanya kurang lebih 8-12 minggu. Mata kuliah yang diberikan dalam program matrikulasi adalah : Matematika Teknik Termodinamika Dasar, Perpindahal Panas Dasar dan Mekanika Fluida Dasar. PENYELENGGARAAN
Program Studi Magister Teknik Mesin dilaksanakan : Program Studi Magister Manajemen Usakti dilaksanakan pada : Hari : 3 hari dalam seminggu Pukul : 17.00 s/d 21.00 Tempat : Kampus A Usakti, Jl. Kyai Tapa (Grogol), Jakarta Lama Studi : 4 semester, masing-masing 18 minggu yang terdiri atas 15 minggu pengajaran, 1 minggu ujian tengah semester dan 2 minggu ujian pada akhir semester.
KURIKULUM
Program Magister Teknik Mesin akan menyelenggarakan pendidikan selama 4 (empat) semester, dengan beban studi 41 sks termasuk Tugas akhir/Tesis. Mata Kuliah (MK) yang diajarkan merupakan integrasi dari empat kelompok MK berikut :
  • MK Dasar yang menjembatani peralihan dari pendidikan S1 ke jenjang S2 dengan bobot analisis yang lebih tajam.
  • MK inti yang merupakan pilar bagi peserta program, dimana penguasaan konsentrasi konversi energi sangat diperlukan untuk mengikuti MK Bidang Keahlian.
  • MK Bidang Keahlian merupakan peminatan bagi peserta program sehingga diharapkan memiliki keahlian yang lebih spesifik dalam konsentrasi Konversi energi.
  • MK Wajib Pilihan yang dipilih sebagai pelengkap bagi peserta program yang selaras dengan MK Inti dan Keahlian.
FASILITAS
Agar kegiatan belajar mengajar terselenggara secara optimal, Universtas Trisakti menyediakan fasilitas yang memadai, berupa ruang kuliah yang modern, laboratorium dan perpustakaan. Disamping itu Universitas Trisakti juga menjalin kerjasama dengan Lembaga Penelitian Pemerintah dan Industri dalam pemenuhan kebutuhan fasilitas pendukung proses belajar mengajar.
PENELITIAN
Untuk memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh dari teori yang diperlukan di perkuliahan, beberapa mata kuliah mewajibkan peserta untuk melakukan penelitian dan atau studi kasus, baik di lapangan maupun di laboratorium. Pada semester 3 peserta harus sudah dapat mempresentasikan ide dasar dan garis besar dari penelitian, serta kerangka umum dan tesis yang akan ditulis.
GELAR AKADEMIK
Peserta didik yang berhasil menyelesaikan Program Magister ini berhak menyandang gelar Magister Teknik (MT) sesuai ketentuan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbud RI. Tentang pendidikan Strata 2.
TENAGA PENGAJAR
Tenaga pengajar pada Program Magister Teknik Mesin adalah mereka-mereka yang memiliki kualifikasi :
  • Bergelar Doktor atau PhD pada bidangnya sebagai penanggung jawab mata kuliah.
  • Para profesional atau specialist dibidangnya sebagai “Guest Lecture” untuk kuliah umum
BIAYA PENDIDIKAN
Biaya pendidikan adalah sebesar Rp. 5.000.000,- per peserta per semester.
REGISTRASI
Pendaftaran dilakukan pada :
  • Bulan Mei – Juli untuk semester Gasal
  • Bulan September – Januari untuk Semester Genap

PIMPINAN FAKULTAS

Dekan : Ir, Docki Saraswati, M.Eng
Wakil Dekan I : Dr. Ir. Indra Surdjati, MT
Wakil Dekan II : Ir. Triyono, MS
Wakil Dekan III : Ir. Ishak Kasim, MT
Wakil Dekan IV : Ir, Noor Edy, MSME
Ketua Program Magister Teknik Mesin : Prof. Dr, Ir, Bambang Teguh, DEA
Ketua Program Magister Teknik Elektro : Dr. Ir, Tjandra Susila
Ketua Program Magister Teknik Industri : Prof.Dr, Ir, Dadan U. Daihani, DEA
Ketua Jurusan Teknik Mesin : Senoadi, ST, MT
Ketua Jurusan Teknik Elektro : Dr. Ir, Indra Surdjati, MT
Ketua Jurusan Teknik Industri : Ir, Tri Wulandari SD, MM
Ketua Jurusan Teknik Informatika : Ahmad Zuhdi, SSi, MKom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar